5 Makanan Penyebab Susah Buang Air Besar



Sering susah BAB (Buang Air Besar)? Mungkin ada yang salah dengan pencernaanmu. Tetapi hal ini juga dapat disebabkan dari apa yang sedang anda konsumsi. Berikut ini adalah 5 Makanan yang dapat menyebabkan anda susah BAB.

Cokelat
Buat kamu yang susah BAB, sebaiknya menghindari cokelat. Karena, cokelat mengandung banyak lemak, sehingga dapat memperlambat proses pencernaan. Selain itu, cokelat juga memperlambat konstraksi otot.

Produk susu 
Susu, yoghurt dan keju dalam kuantitas besar dapat menyebabkan susah BAB atau konstipasi. Belum diketahui apakah kandungan laktosa atau gabungan hal lain yang menyebabkan hal ini. Namun, laktosa dapat meningkatkan gas dan menyebabkan perut kembung.

Daging merah
Daging merah seperti sapi dan kambing bisa membuatmu konstipasi. Soalnya, daging merah juga mengandung banyak lemak. Selain itu, daging merah juga mengandung serat protein yang keras dan zat besi yangnbsp; sulit dicerna perut.

Pisang
Pisang yang belum matang dapat menyebabkan konstipasi. Pasalnya, pisang mengandung pati yang sulit dicerna tubuh. Tapi, tidak selamanya pisang itu menyebabkan susah BAB. Pisang matang justru bisa memperlancar BAB.

Kafein
Kafein seperti yang terdapat di kopi, teh dan cokelat bisa membuat susah BAB. Soalnya, zat ini justru menyerap air dalam tubuh. Makanya, ketika dehidrasi, kafein justru bikin kamu makin sulit BAB.

Subscribe to receive free email updates: