Soal Matematika Tingkat SD, Tapi Masih Banyak Yang Salah



Matematika, adalah sebual ilmu mata pelajaran yang membahas seputar hitungan, angka, rumus, dan lain-lain. Pada dasarnya matematika tingkat SD sangat mudah dikerjakan bagi kamu yang sudah duduk dibangku SMP atau bahkan tingkat SMA. Tapi, setelah saya melakukan penelitian ternyata ada beberapa orang yang menjawab salah.

Sungguh tak disadari soal semudah yang dikira ternyata telah membuat orang salah dalam menjawab, bahkan saya sendiri waktu merumuskan soal tersebut hampir salah tingkah dalam menjawabnya. Sebelumnya saya tekankan, bahwa dalam mengerjakan soal Matematika anda harus jeli dengan angka-angka, karena setiap angka dalam matematika akan mewakili dari jawaban anda, berikut adalah soal yang sempat membuat orang yang saya tanya menjadi kebingungan dengan jawabannya,

Coba kerjakan soal berikut,
7 x 7 + 2 x 0 = ?

Mungkin jika anda melihat soalnya dengan tulisan akan sangat mudah dijawab, dan kemungkinan besar jawaban anda benar. Tapi bagaimana jika anda menjawab soal tersebut dari teman anda dengan percakapan lisan? Saya yakin jawaban anda belum tentu benar.

Berikut ulasan dari soal diatas,
    7 x 7 + 2 x 0 =
= (7 x 7) + (2 x 0)
= (49) + (0)
= 49

Coba apakah jawaban anda sama dengan jawaban saya? Ataukah jawaban anda NOL "0"?
Bagi yang menjawab 0, coba jelaskan apa yang membuat anda menjawab 0. Apakah anda berfikir bahwa dalam perkalian bilangan apapun yang dikalikan 0 akan menghasilkan 0?
Hal itu memang benar, tapi dalam soal ini anda salah besar.

Pembuktian,
Dalam ilmu matematika, kita mengenal adanya Penjumlahan (+); Pengurangan (-); Perkalian (x); Pembagian (:). Dalam matematika juga telah dijelaskan bahwa Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan, memiliki tingkatan. berikut tingkatannya
Perkalian (x) = Pembagian (:)
Penjumlahan (+) = Pengurangan (-)
Dalam tingkatan ini sering diurutkan menjadi x : + -     dalam istilah jawa sering juga disebut PIPOLONDO (PIng POro LAN suDO). Empat kalimat ini mewakili tingkatan dalam perhitungan matematika. Sekarang, bagi yang salah silahkan kerjakan kembali sesuai kaedah hukum perhitungan dalam matematika.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Matematika Tingkat SD, Tapi Masih Banyak Yang Salah"

Posting Komentar