18 Fakta Menarik Tentang Rokok

 
1. Apakah kamu merokok?
2. Apakah keluargamu tahu kalau kamu merokok?
3. Apakah orang disekitarmu merasa nyaman (dengan asap rokokmu)?

Sudah jadi rahasia umum bahwa merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidak ada satupun manfaat sehat dari merokok. Yang ada, rokok akan membunuh seseorang pelan-pelan bagaikan bom waktu yang siap meledak.

Herannya, kampanye hidup sehat yang banyak dilakukan tidak memberi hasil yang besar. Jumlah perokok tidak menunjukkan penurunan, bahkan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Yang lebih menyedihkan, makin banyak anak-anak yang menjadi perokok. Anak-anak ini masih berusia SD tetapi sudah mahir merokok, biasanya bisa Anda lihat di pinggir jalan atau sekitar lampu merah.

Makin banyak perokok aktif, makin banyak perokok pasif. Sedikit banyak, perokok pasif akan terkena dampaknya juga. Karena itu, untuk menumbuhkan kesadaran pada bahaya rokok, Anda bisa menyebarkan fakta-fakta di bawah ini:

  1. Merokok menjadi 1 dari 5 penyebab kematian di dunia setiap tahunnya. Umur adalah kuasa Tuhan, tapi jika kamu tidak menghargai kesehatanmu itu berarti kamu telah menyiksa tubuhmu (bagimu sendiri) dan menyiksa orang-orang yang telah menyayangimu (keluargamu), karena orang sakit gara-gara merokok telah mengabaikan seribu peringatan untuk berhenti merokok dari orang-orang disekitarnya.
  2. Setiap rokok yang Anda hisap dapat memotong usia Anda sebanyak 11 menit.
  3. Dalam 1 batang rokok mengandung lebih dari 4.800 bahan kimia. Sebanyak 69 di antaranya diketahui sebagai penyebab kanker.
  4. Sebanyak 69 persen perokok ingin berhenti merokok selamanya, tapi kemauan itu tidak ada usaha yang signifikan.
  5. Setiap hari, hampir 4.000 remaja di Amerika Serikat merokok untuk pertama kali. Sebanyak 1.000 di antara mereka mulai merokok setiap hari.
  6. Hampir tidak ada larangan merokok untuk anak-anak. Di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa, yang tidak boleh dilakukan anak-anak adalah MEMBELINYA.
  7. Terpapar rokok dari perokok (perokok pasif) dalam menyebabkan 50.000 kematian setiap tahun. Angka yang sangat besar itu baru di wilayah Amerika Serikat, jika ditotal di seluruh dunia, angkanya akan lebih besar lagi.
  8. Setiap hari, di seluruh dunia, sebanyak 15 miliar batang rokok dihisap.
  9. Hitler adalah orang terkenal pertama yang melakukan kampanye anti rokok pada sejarah modern.
  10. Dulu, saat warga Eropa baru mengenal rokok dari warga asing, mereka yang merokok akan ditangkap dan dibawa pulang ke rumah, karena orang tersebut dianggap kerasukan setan.
  11. Jumlah perokok aktif di Indonesia terbanyak ke tiga di dunia setelah China dan
    India.
  12. Prevalensi Perokok: 67,4 %(laki-laki) dan 4,5%(perempuan)
  13. 61,4 juta perokok di Indonesia
  14. 97 juta warga Indonesia (non-smoker) terpapar asap rokok orang lain (secondhand smoke),
  15. 43 juta anak-anak terpapar asap rokok (secondhand smoke), diantaranya 11,4 juta anak usia 0-4 tahun
  16. Lebih dari 200.000 meninggal setiap tahun akibat penyakit berhubungan dengan rokok
  17. Tren Kenaikan Anak usia 10-14 tahun yang merokok tahun 1995 dan mengalami peningkatan hingga enam kali lipat pada tahun 2007. Jumlah Perokok Anak 1995 sebesar 71 .126 anak dan pada tahun 2007 sebesar 426.214 anak.
  18. Beban ekonomi makro akibat penggunaan tembakau sebesar Rp 245, 41 Triliun Rupiah (2010)
Itulah beberapa fakta mengenai rokok yang bisa Anda sebarkan. Jika kamu peduli dengan kesehatanmu maka jangan jera dan putus asa untuk terus mengingatkan orang-orang disekitarmu untuk berhenti merokok.

Dan jika kamu (yang baca tulisan ini) merokok, maka hargailah orang-orang disekitarmu (yang tidak merokok).
KEPEDULIAN KITA ADALAH DEMI KESEHATAN KITA, ANAK DAN MASA DEPAN KITA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Fakta Menarik Tentang Rokok"

Posting Komentar