10 Sungai Terpanjang di Indonesia

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Bicara soal sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas-lah jawabannya. Sungai yang terletak di wilayah Kalimantan Barat ini membentang hingga 1.178 km mulai dari Pegunungan Muller sampai ke Selat Karimata. Karena alirannya melewati berbagai wilayah di Kalimantan Barat, Sungai Kapuas menjadi salah satu jalur transportasi terpenting di provinsi tersebut.

Sungai Kapuas atau Sungai Batang Lawai (Laue) juga menjadi sumber air sekaligus sumber penghasilan utama bagi para nelayan di sekitar sungai dengan potensi perikanan air tawar sekitar 2 juta ton. Ada lebih dari 700 jenis ikan di Sungai Kapuas, dengan 12 di antaranya tergolong ikan langka sementara 40 lainnya termasuk jenis ikan yang terancam kepunahan.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Masih di Kalimantan, Sungai Mahakam tercatat sebagai sungai terpanjang ke-2 di Indonesia. Panjang total sungai yang berada di wilayah Kalimantan Timur ini adalah sekitar 920 km dengan bagian hulu berada di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan bagian mulut sungai berada di Selat Makassar, Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebagai salah satu sungai terpanjang dan terbesar di Indonesia, Sungai Mahakam memegang peranan penting di bidang irigasi, transportasi, sumber air dan perikanan bagi wilayah Kalimantan Timur. Sungai ini juga menjadi habitat dari mamalia eksotis yang hampir punah yaitu Pesut Mahakam.

3. Sungai Barito, Kalimantan Selatan

Sungai terpanjang di Indonesia berikutnya adalah Sungai Barito yang berada di provinsi Kalimantan Selatan. Sama seperti Sungai Kapuas, aliran air dari Sungai Barito berasal dari Pegunungan Muler. Bedanya, Sungai Barito bermuara di Laut Jawa yang berbatasan dengan provinsi Kalimantan Selatan. Panjang aliran Sungai Barito bisa mencapai 909 km.

Sungai Barito, juga dikenal dengan nama Sungai Dusun, Sungai Banjar Besar atau Sungai Banjarmasin, tak hanya tercatat sebagai salah satu sungai terpanjang di Indonesia tetapi juga sungai terlebar di Indonesia. Lebar rata-rata Sungai Barito adalah sekitar 650 m sampai 800 meter, sementara di bagian muara, lebar Sungai Barito bisa mencapai 1.000 meter. Karena lebar dan panjangnya, Sungai Barito menjadi jalur transportasi yang penting di wilayah Kalimantan Selatan.

4. Batanghari, Sumatera Barat dan Jambi

Batang Hari yang mengalir sepanjang 800 km dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera dan terpanjang ke-4 di Indonesia. Dalam bahasa lokal, batang memang berarti sungai sehingga Batang Hari memiliki makna Sungai Hari. Mata air Batanghari berasal dari Gunung Rasan sedangkan aliran sungainya berakhir di Muara Sabak di bagian timur Pulau Sumatera.

Sama seperti sungai-sungai besar lainnya di Indonesia, Sungai Batanghari dimanfaatkan untuk  kebutuhan air sehari-hari, pengairan, transportasi, serta perikanan. Selain itu, Batang Hari juga dimanfaatkan sebagai tempat penyaringan emas karena aliran sungai kerap membawa deposit emas. Sayangnya, aktivitas pertambangan dan eksploitasi hutan yang terjadi di sepanjang aliran Batanghari mengakibatkan terjadinya erosi, pendangkalan, serta perubahan alur sungai.

5. Sungai Musi, Sumatera Selatan

Meski hanya menempati urutan ke-5 dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Musi tak kalah populer dari sungai-sungai lain yang lebih panjang. Sungai Musi yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian ini memiliki panjang aliran sekitar 750 km mulai dari kawasan Kepahiang, Bengkulu, hingga kawasan Sungsang, Sumatera Selatan.

Dulunya, Sungai Musi menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, kerajaan di Sumatera yang terkenal dengan kekuatan maritimnya. Kini, sungai tersebut berfungsi sebagai jalur transportasi, sumber kebutuhan air warga, sumber irigasi, perikanan, dan juga pariwisata. Berbagai objek wisata menarik berlokasi di sekitar Sungai Musi di antaranya Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, serta restoran dan pasar terapung.

6. Sungai Mamberamo, Papua

Provinsi Papua tak hanya memiliki pegunungan super tinggi tetapi juga sungai-sungai yang panjang membentang. Sungai Mamberamo tercatat sebagai sungai terpanjang di Papua yang mengalir sepanjang 670 km di bagian selatan Pegunungan Foja. Besarnya aliran sungai serta banyaknya jenis flora dan fauna yang terdapat di sekitar Sungai Mamberamo membuat sungai ini dijuluki sebagai “Amazonnya Papua”. Buaya muara dan darat, katak berhidung panjang, serta kupu-kupu hitam dan putih merupakan beberapa spesies hewan tak biasa yang terdapat di sekitar Sungai Mamberamo.

7. Bengawan Solo, Jawa Tengah

Bukan cuma Kalimantan dan Sumatera yang dialiri oleh sungai-sungai panjang, Pulau Jawa juga memiliki banyak sungai besar yang membentang hingga ratusan kilometer, salah satunya adalah Bengawan Solo. Dalam bahasa Jawa kuno, Bengawan bermakna sungai yang besar sehingga Bengawan Solo dapat diartikan sebagai Sungai Solo. Sungai ini memiliki panjang sekitar 548,53 km melalui wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bagian hulu Bengawan Solo berada di pegunungan Kidul di Wonogiri dan Ponorogo sedangkan muaranya ada di daerah Gresik. Bengawan Solo amat populer berkat adanya lagu keroncong fenomenal dengan judul yang sama ciptaan Gesang.

8. Sungai Digul, Papua


Membentang sepanjang 525 km, Sungai Digul (Digoel) di Papua merupakan sungai terpanjang ke-8 di Indonesia. Sungai Digul mengalir mulai dari pegunungan Maoke bagian selatan di wilayah Papua dan bermuara di Laut Arafuru. Sepanjang alirannya, Sungai Digul lebih banyak melewati dataran rendah yang berawa dan membentuk delta di dekat Pulau Bolak. Pada zaman penjajahan Belanda, sebuah areal di tepi Sungai Digul yaitu Tanah Merah difungsikan sebagai tempat pengasingan tahanan perang.

9. Sungai Indragiri, Riau

Kembali ke Pulau Sumatera, ada Sungai Indragiri yang mengalir sejauh kurang lebih 500 km. Aliran Sungai Indragiri berasal dari 2 sungai yang berbeda yaitu Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar. Kedua sungai tersebut menyatu menjadi Sungai Indragiri yang alirannya berakhir di Selat Malaka. Aliran Sungai Indragiri lebih banyak melewati dataran rendah dan rawa-rawa yang ketinggiannya hanya sekitar 5 sampai 400 meter di atas permukaan laut.

10. Sungai Seruyan, Kalimantan Tengah

Menempati urutan ke-10 adalah Sungai Seruyan yang terletak di kabupaten Seruyan provinsi Kalimantan Tengah. Sungai Seruyan (dulu dikenal dengan nama Seroejan) memiliki panjang total sekitar 350 km. Dengan lebar rata-rata 300 meter dan kedalaman sekitar 6 meter, Sungai Seruyan dapat dilayari hingga sejauh 300 km. Bagian hulu sungai berada di sebelah utara provinsi Kalimantan Tengah sedangkan bagian muaranya mengarah ke Laut Jawa di sebelah selatan Pulau Kalimantan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Sungai Terpanjang di Indonesia"

Posting Komentar